Kang Misbah | Komunitas Go-Blog

Nulis nggak nulis yang penting nulis | komunitas Go-Blog

Safari Ramadhan di Semarang, Pengalaman Yang Tak Terlupakan

Bulan ramadhan tahun ini terasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Saya merasa lebih bersemangat dan sangat bahagia menyambut datangnya bulan ramadhan.Terlebih bulan ramadhan tahun ini saya melakukan sebuah  kegiatan safari ramadhan ke daerah Semarang, tepatnya diarea kawasan  asjid simpang 5 dan Tugu Muda.

Saya dan teman saya, dari Jepara menuju Semarang mengendarai sepeda motor brangkat jam 1 siang.Perjalanan memakan waktu 2 jam karena memang kami berkendara cukup santai hingga sampai di jalan Penuda jam 3 sore.

Sampai disana, kami sempat istirahan diarea trotoar karena teriknya matahari selama perjalanan, setelah kurang lebih 30 menit kami langsung menuju masjid Simpang 5 untuk menjalankan sholat asyar disana.Selepas sholat asyar, kami turun dari masjid dan berjalan-jalan diarea sekitar masjid simpang 5 untuk melihat stand para penjual makanan dan pakaian yang memang disediakan oleh para pengurus masjid.

Ngaji di Masjid Agung Baiturrahman Simpang 5 Semarang

Menjelang waktu berbuka puasa, sekitar 30 menit sebelumnya, diadakan ngaji rutinan yang diumumkan melalui pengeras suara yang pada intinya, setiap jamaah yang akan mengikuti pengajian rutinan diharapkan segera untuk masuk ke dalam masjid.Seketika itu kami berdua langsung masuk ke dalam masjid dan mengikuti pengajian.
suasana mengaji sore d Masjdid Simpang lima Semarang
suasana mengaji sore d Masjdid Simpang lima Semarang

Tema dan pengajian sore itu adalah "Mencari Lailatul Qodar".Pengajian tersebut diisi oleh seorang ulama yang saya lupa namannya.Hal yang saya dapatkan dari inti pengajian tersebut adalah"malam lailatul qodar dapat kita dapatkan 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri, dan dihitung setiap tanggal ganjil"Artinya malam lailatul Qodar bisa kita raih pada tanggal 21, 23, 25, 27, 29 malam Bulan Puasa.Disini kami benar-benar merasakan arti sebuah safari ramadhan yang sangat besar karena untuk pertama kalinya kami mengikuti pengajiam seperti ini ditempat yang sebelumnya kami tidak pernah kunjungi.Berkumpul bersama orang-orang dari luar kota lainnya.

Setelah pengajian selesai, suara sirine pertanda berbuka puasa pun berbunyi.Panitia dan segenap pengurus masjid membagikan makanan dan minuman untuk para jamaah yang mengikuti pengajian, tapi ada beberapa orang seperti pengemis, tuna wisma yang juga ikut mendapatkan makanan.Disini, kembali saya merasakan nikmat yang luar biasa karena berbuka bersama-sama dengan orang-orang yang tidak kita kenal namun kita merasa dekat sebagai saudara seiman.

Setelah selesai berbuka puasa, kami berdua dan pengunjung masjid lainnya melanjutkan sholat magrib berjamaah.Ketika selesai sholat magrib, kami berdua menyempatkan mengaji sambil menunggu waktu sholat isyak.Tidak terasa waktu sholat isyak telah masuk dan kami kembali berjamaah dan sampai sholat tarawih selesai.Saya merasa takjub karena jamaah sholat tarawih di sana tergolong masih banyak jika dibandingkan di masjid-masjid lainnya.

Ada Penampakan Setan di Simpang 5 Semarang

Alhamdulillah, setelah selesai melakukan aktifitas ibadah sholat, kami berjalan-jalan diarea kawasan simpang 5.Banyak sekali pengjung pada malam itu, dari muda-mudi hingga orang tua semuannya lalu lalang diarea kawasan simpang 5.Ada yang unik disana, kami melihat seorang penyihir dan sesosok hantu wanita.Padalah katanya kan dibulan ramadhan setan itu dibelenggu.Ternyata setelah saya dekati mereka hanya para kosplayer yang memang menyediakan jasa" foto bareng hantu, byar seikhlasnya".hehehehe.
Begitu banyak foto yang kami abadikan malam itu, tapi kami belum puas jika hanya nerfoto-foto diarea kawasan simpang lima.Kamipun berencana melanjutkan perjalanan menuju kawasan Lawang Sewu, karena banyak yang mengatakan pemandangannya cukup indah ketika malam hari.Sebelum kesana, kami berdua tidak senganja bertemu dengan teman semasa SM dulu yang saat ini belahar di salah satu Universitas Negeri si Semarang.Kami berdua sangat senang karena bisa bertemu dengan teman yang hampir setahun tidak pernah berjumpa.Teman kami tadi juga membawa temannya sehingga kami mendapatkan teman baru.
Sempat berbincang-bincanng membahas mengenai kuliyah, tugas, dan rencana buka bersama.Akhirnya kami berempat menuju kawasan bundaran Tugu Muga.Sampai disana kami melihat orang-orang sedang berfoto mengabadikan pengalaman mereka.Kami juga melihat komunitas pecinta ular dan kami sempat berfoto dengan ular-ular milik mereka meskipun ada rasa geli dan takut.
Tak bukup puas hanya sampai situ, kami berfoto ria dengan background Gedung Lawang Sewu yang terkenal akan kemistikannya.Alahkah terkejutnya ketika saya melihat hasil foto karena pemandangnnya begitu indah dimalah hari dengan background Lawang Sewu.
foto bersama komunitas ular di tugu muda
Saya nggak takut ular kok, cuman geli aja sih !!!

foto bersama komunitas ular di tugu muda
Saya nggak takut ular kok, cuman geli aja sih !!!


foto dengan latar belakang lawang sewu
Foto dengan latar belakang Lawang Sewu

foto dengan latar belakang tugu muda
Foto dengan latar belakang Tugu Muda

Setelah cukup puas berfoto-foto.Kami berdua berpamitan kepada kedua teman saya untuk pulang kembali ke Jepara.karena sudah jam 12 malam lebih.Diperjalanan Kami memaksakan untuk menggeber motor sekencang-kencangnya.Alhasil sepeda motor kami mengeluarkan suara-suara yang cukup keras, tapi kami bersyukur karena tidak sempat mogok, bayangkan jika mogok sudah pasti kami harus mendorongnya puluhan Kilometer untuk menuju pemukiman warga karena jalur pantura Semarang-Demak-Kudus masih lumayan sepi penduduk.Sampailah kami dirumah jam 1.30 dan kami langsung beristirahat karena badan benar-benar lelah.

Inilah pengalamanku dibulan ramadhan tahun ini yang benar-benar tidak terlupakan dan menjadi kenang-kenangan terindah untuk ramadhan tahun ini.Semoga tahun depan kami, Anda , kita semua masih bisa menikmati indahnya bulan ramadhan.Amin.

NB : Awalnya artikel ini saya buat untuk kontes blog lazada, tapi karena ditolak akhirnya saya pos sendiri di blog ini.Namun, syukur alhamdulillah artikel ke-2 yang saya submite berhasil di terima dan masuk finalis.Berikut linknya .Mohon dukungannya ya ! :)
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
12 Komentar untuk "Safari Ramadhan di Semarang, Pengalaman Yang Tak Terlupakan"

Alhamdulillah ya mas, semoga ghirah dalam menjalankan ibadahnya berlanjut ketika diluar Ramadhan ya..

wah pasti sulit dilupakan nih pengalaman seperti itu mas.
trus fhoto adminnya yg mana ya? :D

saya yang foto sama ular..hehehehehe

aamin mbk, bagi saya ini memang alhamdulillah pengalaman yang pertama kali luar biasa.

asyik nih safari ramadhan, saya juga pernah ikut ginian :D

perjalanannya sangat menyenangkan, dari masji, ke photo2 dngn hantu, hehe.
itu ular kayanya geli banget hihihi

Alhamdulillah ya kang. di Bulan Ramadhan ini bisa mengadakan Safari Ramadhan keliling Semarang :)

iiihh pengin cb poto sm ular ... klo ularnya mcm nyi blorong waaah cowok2 demen tuh, kaleee ..hihi.

unik ada hantu bayaran. hehehehe
baru tau ada yang kaya gini

wah seru nih,tapi pas pulang kayanya serem yah itu malem-malem pulangnya :D

justru mungkin biar g ada yang keluar malam ada hantunya tuh

Berkomentarlah sesuai isi artikel
Berkomentar Sopan dan santun

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top